Senin, 28 Januari 2013

Takoyaki Khas Jepang


Takoyaki : Camilan Terkenal Khas Jepang

    Bilamenyebut kuliner khas Jepang, orang akan teringat akan sushi. Padahal Jepang kaya akan kuliner yang beragam, salah satunya yang sedang populer di Indonesia adalah camilan yang bernama Takoyaki.

    Camilan yang berbentuk bulat ini memiliki rasa khas yang gurih sehingga banyak disukai oleh orang Indonesia. Takoyaki biasanya dijual di gerai-gerai tersendiri seperti francaise berbentuk gerobak atau kios kecil.  
    Dalam gerai takoyaki, biasanya dijual menu lain bernama okonomiyaki. Bila takoyaki berbentuk bulat dan berisi daging, maka okonomiyaki merupakan gorengan yang terbuat dari tepung terigu yang diencerkan dengan air ditambah kol, telur ayam, dan makanan laut.

    Takoyaki berisi daging dengan macam-macam pilihan yaitu gurita, udang, kepiting disesuaikan dengan keinginan kita. Di atas takoyaki ada toping berupa Katsuboshi (daging ikan Cakalang yang diiris tipis terus dikeringkan), ditambah mayonaise dan saus tomat, menjadikan takoyaki sangat lezat.

    Biasanya takoyaki dijual dalam bentuk paket kecil, harga satu paket mulai dari Rp.15.000 dengan isi 4-5 takoyaki.  Bentuk takoyaki tidak begitu besar, hanya berdiameter 3-5 cm, oleh karena itu takoyaki dianggap sebagai camilan saja, bukan makanan utama karena tidak mengenyangkan.

    Pada awalnya takoyaki ditusuk seperti sate, satu tusukannya berisi 3 buah, namun untuk kepraktisan akhirnya takoyaki sekarang banyak menggunakan wadah berupa kotak dari kertas.

    Ingin mencoba takoyaki sendiri?

    Bahan Pembuatan :

    130 gram tepung terigu protein tinggi
    1,5 sdt baking powder
    1,5 sdt gula
    1 butir telur
    1,5 sdt bubuk dashi instant, dilarutkan dalam 300 ml air
    1/2 sdt garam

    Bahan Isi :

    60 gram cincangan baby octopus
    2 sdt bawang daun
    2 sdt acar jahe, dicincang halus
    2 sdm kubis, dipotong halus

    Cara Pembuatan :

    -    Gabungkan tepung, baking powder, garam dan gula dalam mangkuk, aduk rata. Tambahkan telur dan kaldu dashi yang telah dilarutkan dalam air. Aduk rata dan uleni hingga membentuk adonan yang halus. Tutupi mangkuk adonan dengan plastik dan biarkan mengembang selama kurang lebih 30 menit.

    -    Olesi loyang takoyaki dengan minyak, kemudian panaskan dengan api kecil. Tuangkan adonan hingga setengahnya kemudian masukkan 2 potong cincangan baby octopus, sedikit acar jahe, kubis dan daun bawang di bagian tengahnya.

    -    Begitu adonan mulai mengembang, gulingkan ke arah sebaliknya menggunakan tusuk gigi. Dengan sendirinya adonan akan membentuk bulatan karena cetakan takoyaki.

    -    Jika sudah terlihat kokoh, gulingkan lagi bulatan agar matang merata dan kecoklatan. Angkat bulatan, sajikan di piring dengan siraman saus takoyaki, mayonaisse dan bonito flakes kering.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar