Senin, 28 Januari 2013

Cakalang Fufu Asap


Nikmatnya Cakalang Fufu Asap



    siapa yang belum tahu flying fish, mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui apa sebenarnya yang disebut flying fish. Flying fish adalah ikan cakalang. Ikan yang sangat terkenal di ranah Sulawesi Utara tepatnya Manado ini sangat lezat dan menggoyang lidah penikmat ikan.

    Hidangan favorit >>

    Di Sulawesi Utara cakalang fufu adalah hidangan favorit dan kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Manado. Meskipun hidangan ini terkenal di seantero Indonesia Timur, lokasi produksi utamanya adalah kota pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara.

    Untuk membuat ikan Cakalang Fufu, pertama-tama dibersihkan dengan dibuang sisik dan jeroannya, daging ikan cakalang dibelah dua dan dijepit dengan kerangka penjepit bambu yang telah disiapkan sebelumnya. Daging ikan ini diolah dengan dibaluri garam dan bubuk soda.
    Kemudian ikan cakalang menjalani proses pengasapan dengan panas api dan asap. Panas harus merata sehingga daging ikan cakalang matang dan kering. Proses ini menghabiskan waktu empat jam untuk pengasapan dan dua jam untuk pendinginan. Proses ini berlangsung hingga daging ikan cakalang berubah warna menjadi kemerahan dengan tekstur sedikit empuk, kering dan tidak berair.

    Jika diproses secara tepat cakalang fufu dapat tahan disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan, dengan demikian dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia sebagai pangan hidangan laut olahan.

    Cakalang fufu dapat dikonsumsi tersendiri dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa), atau menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya. Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai.

    Selain itu, Kota Manado pun punya banyak sajian unik yang menggugah selera terutama penganan dengan bahan baku ikan cakalang, Contohnya cakalang fufu rabe rica.
    Makanan khas Manado ini memiliki cita rasa gurih dan pedas. Dijamin bikin lidah bergoyang! Cakalang fufu rabe rica terbuat dari ikan cakalang yang sebelumnya melalui proses pengasapan (fufu). Kemudian ikan disuwir-suwir dan dimasak dengan bumbu pedas. Bagi Anda yang tidak suka pedas, jumlah cabai bisa dikurangi atau ditambah gula merah.

    Penasaran dengan rasanya? Yuk coba resep cakalang fufu rabe rica di rumah!

    Bahan yang disiapkan:
    •    1 ekor ikan cakalang asap (suwir-suwir)
    •    12 siung bawang merah
    •    2 siung bawang putih
    •    2 batang serai, geprek
    •    3 iris lengkuas
    •    3 lembar daun jeruk
    •    3 lembar daun salam
    •    15-20 buah cabai rawit merah
    •    3 helai daun pandan (ikat)
    •    75-100 cc minyak goreng
    •    1 sdt garam
    •    1 sdm gula merah (jika tidak suka pedas)

    Cara membuat:
    1. Tumbuk cabe, bawang merah, bawang putih dan garam (kasar)
    2. Tumis bumbu yang telah ditumbuk sampai wangi
    3. Masukkan bumbu lainnya dan aduk
    4. Masukkan ikan cakalang yang sudah disuwir-suwir
    5. Masak sampai ikan matang dan sajikan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar