Senin, 28 Januari 2013

Pempek

Pempek, Nikmatnya Kudapan dari Palembang
    Mendengar Palembang, maka yang akan terlintas dari benak anda pasti adalah pempek bukan?? Kudapan khas Palembang satu ini memang cukup menggugah selera.
    Sudah menjamur >>


    Bahkan  sekarang penjual pempek di Jakarta sudah cukup menjamur. Mereka semua mengaku pempek yang jajakan asli Palembang.
    Tahukah kalian tentang asal muasal pempek Palembang??
    Berikut ini cerita rakyat tentang pempek
    Berdasarkan cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (Rumah rakit tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang.
    Ia kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka (bahan makanan dari singkong), sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek-apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.
    Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.
    Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya,
    misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah. Juga sudah ada yang menggunakan ikan dencis
    Dan tahukah kakian, pempek kapal selam adalah pempek palembang yang mengandung paling banyak zat gizi?
    Jawabannya simpel saja, karena di dalam pempek kapal selam terkandung bahan telur, baik telur ayam maupun telur bebek. Komposisi zat gizi pempek berbeda-beda menurut jenis serta bahan baku ikan yang digunakan.
    Namun perlu dicatat pempek kapal selam memiliki kadar protein, lemak, dan vitamin A lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pempek lainnya karena adanya penambahan telur di dalamnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar