Senin, 28 Januari 2013

Bakso


Berbagai Jenis Bakso yang Unik-unik


    baksoSiapa sih yang tidak mengenal bakso, kuliner satu ini dapat ditemukan di mana saja. Mulai dari jajanan kaki lima, di mall, hingga resto-resto ternama. Bahkan bakso juga kita temui di berbagai pelengkap makanan seperti mie goreng, nasi goreng, atau cap cay.
    Bakso sendiri merupakan kuliner Tionghoa Indonesia, Bak-So dalam bahasa Hokkien berarti “daging babi giling” dan kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih banyak dibuat dengan daging yang halal seperti sapi, ayam atau ikan.
    Dari Wonogiri dan Malang >>
      Seiring berkembangnya waktu, bakso menjadi lebih dikenal dengan arti “daging giling” saja. Saat ini kebanyakan penjual bakso adalah dari Wonogiri dan Malang. Maka sering kali kita melihat tulisan Bakso  Wonogiri ataupun Bakso Malang dan biasanya isi dari Bakso Malang terdapat perbedaan sedikit dengan baso Wonogiri. Isi bakso Malang biasanya antara lain pangsit goreng, bakso goreng, siomay, dan mie kuning yang digulung kecil-kecil. Kalau bakso Wonogiri biasanya antara lain bakso telur atau bakso kecil-kecil dan mie kuning/bihun.
    Masih banyak lagi jenis-jenis bakso pada saat ini, antara lain :
    Bakso Tahu Kukus: Terbuat dari tahu pilihan yang di isi adonan bakso dan dicampur sedikit cincangan urat sapi agar lebih krezz, lembut dan enak.
    Bakso Telur: Terbuat dari daging Sapi yang dihaluskan kemudian ditambah bumbu sehingga menjadi bakso yang enak. Bakso Telur ini berisikan telur rebus matang yang dilapisi bakso yang enak.
    Bakso Pangsit Kukus: Terbuat dari kulit pangsit yang diisi adonan bakso dan dicampur sedikit cincangan urat sapi agar lebih krezz, lembut dan enak.
    Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
    Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
    Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih
    Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
    Bakso udang: bakso berbahan dari udang
    Bakso Malang: hidangan bakso dari kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
    Bakso Mercon: Terbuat dari daging Sapi yang dihaluskan kemudian ditambah bumbu sehingga menjadi bakso yang enak. Uniknya bakso ini adalah terdapat daging cincang rasa pedas di dalam bakso. Cocok bagi yang suka makanan pedas.
    Bakso Keju: Terbuat dari daging sapi yang dihaluskan kemudian ditambah bumbu dan diisi keju yang gurih.
    Bakso Bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.

    Hayo, bakso mana yang disukai sahabat 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar