Selasa, 25 Desember 2012

Bubur Manado


Bubur Manado
Waktu 90 menit    Porsi 6 orang    Kalori 218 Kkal/orang
Add Tambahan
Aneka Isian Bubur Manado
Aneka Isian Bubur Manado
Bubur Manado adalah makanan khas dari Sulawesi Utara dan terdiri dari berbagai macam sayuran, disajikan bersama sambal serta ikan asin. Beberapa macam isian Bubur Manado adalah :

Labu Kuning: Berwarna kuning agak oranye sehingga ketika dijadikan isian akan menjadikan Bubur Manado berwarna kuning dan terasa manis. Sebaiknya labu kuning dimasukkan ke dalam adonan bubur pada saat bubur 1/2 matang karena proses matangnya tidak terlalu lama yaitu sekitar 30 menit.

Ubi Jalar/Ketela Rambat: Berwarna kuning pucat dan ketika dijadikan isian akan menjadikan Bubur Manado terasa manis gurih dan tekstur ubinya akan lembut. Sebaiknya ubi dimasukkan pada saat air mulai mendidih karena proses matangnya yang cukup lama yaitu sekitar 45 menit.

Singkong: Merupakan umbi yang daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Ketika dijadikan isian Bubur Manado, singkong sebaiknya dimasukkan pada saat air mulai mendidih karena proses matangnya yang lama yaitu sekitar 60 menit.

Labu kuning, ubi, dan singkong sering digunakan sebagai isian Bubur Manado karena mudah ditemukan di pekarangan rumah orang Manado pada jaman dahulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar