Sabtu, 03 November 2012

Menikmati Bubur Manado yang Pedas


Menikmati Bubur Manado yang Pedas

    Jika berkunjung ke kota Manado, tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi bubur Manado yang lazim dikenal dengan nama  bubur Tinotuan. Bubur khas Sulawesi  Utara dan biasanya menjadi kudapan pada pagi hari.

    Untuk sobat lebaran yang suka makanan pedas, bubur ini sangat cocok karena bubur ini ekstra pedas saking pedasnya, orang yang lidahnya tidak terbiasa pasti sudah megap-megap karena kepedasan. Banyak yang bilang: tidak Manado kalau tidak pedas.
    Apabila dibandingkan masakan dari daerah lain yang memiliki ciri khas yang relatif sama, masakan Manado menggunakan bumbu masaknya terbilang cukup royal. Perbandingannya, bumbu-bumbunya 2 sampai 3 kali lebih banyak daripada masakan di daerah lain.

    Di samping bumbu-bumbu cukup banyak, variasi bumbunya satu sama lain memiliki karateristik hampir sama, panas dan pedas. Seperti cabe rawit, jahe, kunyit, dan sebagainya. Semuanya dicampur menjadi  satu dengan cabai merah.

    Begitu pula dengan bubur Manado yang terasa berbeda dari bubur-bubur dari daerah lainnya lantaran ia dicampur dengan kombinasi berbagai sayuran. Akan  lebih nikmat apabila ditambah dengan daun labu, daun kangkung, dan daun kemangi. Bubur Manado ini tampil dalam wujud yang kental bersama sayuran yang lunak. Santaplah bubur Manado selagi panas  dengan ikan jambal roti yang telah digoreng.

    Jika ingin membuat sendiri di rumah, berikut resep bubur Manado

    Bahan-bahan yang diperlukan

    -200 gram beras cuci bersih, tiriskan
    -air secukupnya untuk merebus beras
    -garam secukupnya
    - 1 ikat kangkung, siangi dan cuci bersih
    - 1 ikat bayam, siangi dan cuci bersih
    - 2 buah jagung manis sisir dari tongkolnya
    - 1 ikat kacang panjang cuci bersih dan potong-potong
    - 2 buah ubi merah, kupas, cuci bersih dan potong dadu
    - 1/4 labu kuning, kupas, cuci bersih dan potong dadu
    - 1 ikat daun kemangi, siangi dan cuci bersih
    - daun gedi secukupnya atau daun melinjo secukupnya siangi, cuci bersih

    Cara Membuat

    1. Didihkan air, masukkan beras kemudian didihkan lagi, masukkan garam dan sisiran jagung manis aduk hingga rata

    2. Masukkan potongan ubi merah, labu, daun melinjo dan kacang panjang aduk perlahan, bila dirasa ubi merah sudah cukup lunak masukkan kangkung, bayam dan daun kemangi, masak hingga sayuran matang dan bubur cukup kental

    3. Angkat dari api, sajikan di atas piring dapat ditambahkan dengan ikan asin goreng atau cakalang goreng bila tidak ada cakalang  bisa diganti dengan tongkol goreng

    Bila si sakit tidak diperkenankan menyantap makanan yang di goreng, berikanlah bubur Manado dengan telur rebus, rasanya tetap sama nikmat. Untuk yang sehat bubur Manado sangatlah nikmat dan pas disantap dengan sambal atau dabu-dabu, berikut resep dabu-dabu

    -cabai rawit 5 buah
    -cabai merah 4 buah
    -bawang merah 4 butir
    -tomat segar 3 buah
    -perasan air jeruk nipis atau lemon 1 sdm
    -garam secukupnya
    -minyak bekas menggoreng 2 sdm

    Semua bahan diiris halus atau diulek kasar, kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis, garam dan minyak goreng aduk hingga rata, dabu-dabu siap disajikan dengan bubur Manado.

    Selamat makan, selamat menikmati…

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar