Senin, 11 Maret 2013

KAKAP PANGGANG JAHE


Sumber:--->Dapur Umami

Selamat Pagi Pecinta Dapur Umami, Semangat Happy Cooking :)

Pastinya Pecinta Dapur Umami semua sudah mencoba resep KAKAP PANGGANG JAHE kan?

Bagaimana hasilnya bu, Mengalami kesulitan kah saat memanggang ikan dengan menggunakan teflon ? Jika masih mengalami kesulitan mungkin ibu-ibu bisa menyimak sedikit tips cara memanggang ikan dengan teflon dari Dapur Umami supaya mendapatkan daging ikan yang matang sempurna dan tidak gosong.

1. Memanggang ikan dengan wajan teflon/ wajan anti lengket sebenarnya bisa tidak menggunakan minyak, namun agar hasilnya sedikit oily/juicy dan tidak terlalu kering maka bisa ditambahkan sedikit minyak goreng (jangan terlalu banyak).

2. Gunakan api sedang pada saat memanggang, namun jika ingin menghasilkan ikan yang lebih juicy, gunakan api sedang pada saat memanggang, setelah daging ikan dibalik, gunakan api kecil sambil ditutup hingga daging ikan matang.

3. Lebih perhatian jika memanggang bahan atau bumbu yang mengandung gula (glukosa) karena akan lebih mudah gosong karena proses karamelisasi.

Cara memanggang dengan menggunakan wajan teflon tidak hanya bisa untuk daging ikan namun bisa juga menggunakan daging ayam, daging sapi, ataupun seafood seperti cumi cumi dan udang. Lama pemanggangannya tergantung tebal atau tipisnya bahan makanan yang digunakan.

Demikian tips nya ibu-ibu, semoga bermanfaat ya.

Yuk, setelah ini kita coba resepnya. Jangan lupa saksikan tayangannya di SCTV setiap jam 10.00 WIB. Happy Cooking! :)

KAKAP PANGGANG JAHE

Lama Memasak: 45 menit
Porsi: 4 orang
Energi: 187 Kkal/orang

Bahan-bahan :
- 4 bh kakap fillet
- ½ bh lemon
- 7 sdm jahe parut
- 6 sdm bawang putih halus
- 4 sdm kecap asin
- 1 ½ sdt merica
- 1 sdt AJI-NO-MOTO®
- 4 sdm minyak goreng

Pelengkap :
- Kentang goreng, wortel rebus, dan buncis rebus

Cara Membuat:
1. Peras lemon.
2. Masukkan jahe, bawang putih, kecap asin, merica, dan AJI-NO-MOTO® , aduk rata.
3. Balur kakap dengan bumbu hingga rata, diamkan ±30 menit.
4. Panggang kakap dengan api sedang, kecilkan api, tutup wajan, masak hingga matang, angkat, dan sajikan.

Keterangan : Kakap fillet bisa diganti dengan dada ayam fillet, daging sapi, maupun jenis ikan lainnya seperti tuna, gurame, tongkol, salmon, dll sesuai selera dan kreasi ibu.


Add Note:


Sumber:---->Dapur Umami


Ayo siapa ibu-ibu di sini yang sudah mencoba menu KAKAP PANGGANG JAHE? Enak ya buu... rasa bumbu dan rempah-rempahnya terasa menyegarkan.

Ada yang memiliki pengalaman memanggang kakap panggang jahe hingga kegosongan?

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor lho Bu, 
(1) Bisa saja pada saat memanggang ikan, adonan balutan terlalu banyak terbawa hingga akhirnya menyebabkan ikan cepat gosong dan terasa pahit, sebaiknya sisihkan adonan balutan ketika akan memanggang kakap fillet, 
(2) Bisa juga disebabkan karena memanggang dengan api yang terlalu besar, sebaiknya panaskan terlebih dahulu teflon ketika akan memanggang ikan lalu masak dengan api sedang, ketika ikan akan dibalik maka tutup wajan dan kecilkan apinya, atau 
(3) Bisa juga disebabkan jahe yang kurang segar, sehingga gunakan jahe yang masih segar ya Bu.

Yuk, rajin memasak agar keahlian memasak ibu semakin meningkat.

Apakah ibu-ibu punya pengalaman gagal dalam memasak? Jangan cepat menyerahnya ya, terus berusaha agar masakan ibu semakin lezat setiap harinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar