Minggu, 17 Maret 2013

Bolu Pandan


Resep Membuat Kue Bolu Pandan Sederhana dan Enak

Posted by Catatan Membuat Kue




Kue Bolu
 sudah sangat dikenal di Indonesia, Aneka kue bolu biasa disajikan untuk berbagai acara mulai dihias untuk membuat  membuat kue ulang tahun, untuk rapat dan ariasan, bekal jalan jalan, Bahkan saat lebaran kue ini juga sering dihidangkan dengan aneka kue lebaran lainnya.

Dari cara membuat kue bolu dibagi menjadi dua jenis yaitu kue bolu kukus dan kue bolu panggang. Sedangkan dari bahannya kue bolu memiliki banyak jenis mulai dari kue bolu tapebolu pisangbolu kejubolu pandan dan masih banyak lagi jenis jenis kue bolu.Umumnya kue ini dibuat dari tepung terigu, gula dan telur. Perbedaan jenis kue bolu terletak dari bahan membuat kue nya

Salah satu kue Bolu yang paling mudah dijumpai adalah kue bolu pandan yang merupakan variasi kue bolu dengan campuran pandan. membuat kue bolu pandan cukup mudah. berikut resep cara membuat kue bolu pandan

resep membuat Kue Bolu Pandan

Bahan dasar Kue Bolu Pandan
tepung terigu  320g 
daun pandan 12 lembar
margarin/mentega 250g 
gula pasir 250g 
telur ayam 4 butir
Susu kental manis coklat secukupnya.
vanili 1 sdt
baking powder secukupnya

Cara membuat kue bolu pandan
  • Tumbuk daun pandan atau boleh juga diblender sampai halus, lalu beri air dan peras sampai diperoleh sari daun pandan kira kira 120 ml.
  • Panaskan margarin atau mentega sampai leleh dan mencair.
  • Kocok Gula pasir bersama telur, dan juga vanili menggunakan mixer hingga adonan tercampur rata.
  • Tambahkan tepung terigu dan juga mentega yang telah dicairkan selang seling sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai adonan tercamput rata. setelah itu tambahkan baking powder.
  • masukkan Susu kental manis ke dalam larutan /sari daun pandan, aduk rata. setelah itu tuangkan ke dalam adonan kue bolu pandan. Aduk lagi sampai rata.
  • Siapkan loyang olesi permukaannya dengan margarin dab taburi sedikit tepung terigu secara merata.
  • Tuangkan adonan kue bolu ke dalam loyang.
  • Masukan kedalam oven panas 170 derajat celcius panggang selama kurang lebih satu jam sampai matang.
Bagaimana resep membuat kue bolu pandan ini ? kue bolu memang selalu istimewa dihidangkan kapan saja. Dengan sedikit sentuhan butter cream atau taburan meses coklat kue bolu akan menjadi semakin istimewa. Silakan mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat.

Video Sekilas Proses Membuat Kue Bolu Pandan Youtube :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar